Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Rabu, 12 Oktober 2011

WALHI Pertanyakan PLTN Masuk RTRW Babel

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Organisasi lingkungan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mempertanyakan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dimasukkan kedalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Bangka Belitung. Padahal menurut mereka kajian belum ada hasil.

Sebagaimana diketahui saat ini feasibility study tapak PLTN di Bangka Belitung sedang dilakukan. Sehingga dengan pencatuman PLTN dalam RTRW dirasakan janggal.

Direktur Eksekutif Walhi Kepulauan Bangka Belitung Ratno Budi menjelaskan belum ada hasil kajian kalau Bangka Belitung layak untuk PLTN. "Ini dipertanyakan, mengapa kemudian RTRW ini dihubung-hubungkan dengan PLTN yang kajiannya belum selesai," kata Ratno, Rabu (12/10/2011).

Bahkan pihaknya berani berujar kalau Indonesia termasuk Bangka Belitung tidak layak untuk pembangunan PLTN. "Pakar nuklirpun berkata demikian," kata Ratno.

Khusus untuk Bangka Belitung, yang menurutnya mempunyai track record pengelolaan alam yang buruk perlu menjadi perhatian. Dimana persoalan lingkungan sampai saat ini belum terselesaikan.

"Apalagi dengan PLTN, solusi krisis lingkungan di Bangka Belitung belum selesai. Ini patut dipersoalkan," kata Ratno.



http://bangka.tribunnews.com/2011/10/12/walhi-pertanyakan-pltn-masuk-rtrw-babel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar