Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Senin, 24 Oktober 2011

Walhi Beri Apresiasi Keputusan Bupati Bangka Selatan

Terhadap ketegasan Bupati Basel itu, Direktur Walhi Babel, Ratno Budi memberikan apresiasi kepada Bupati Basel, H Jamro yang meminta PT Timah Tbk untuk menghentikan aktivitas tambangnya di Desa Bencah Kabupaten Bangka Selatan. Artinya, kata pria biasa disapa Uday ini, Bupati Basel telah memberikan ruang yang baik kepada masyarakat Basel, terutama petani untuk melaksanakan aktivitas ekonomi jangka pajang seperti pertanian dan perkebunan.
“Kita apresiasi Pemkab Basel atas putusannya. Memang (keputusan itu) kontroversi tetapi pemimpin memang harus begitu. Keinginan masyarakat harus diikuti, dan ini merupakan putusan yang bertujuan jangka panjang yakni perekonomian pertanian dan perkebunan,” katanya salut.
Lebih lanjut Uday menyebutkan, putusan ini hendaknya menjadi contoh bagi kabupaten lainnya, bahwa rakyat harus diutamakan ketimbang produksi perusahaan dan kepentingan lainnya.
Meski begitu, Uday mengatakan penghentian aktivitas tambang seperti ini hendaknya bukan hanya pada perusahaan negara saja, tetapi juga perusahaan swasta yang bergerak di pertambangan, yang akibat pekerjaannya menimbulkan kerusakan masiv.
Di kesempatan lain, Kabid Humas PT Timah, Wirtsa Firdaus saat berhasil dikonfirmasi mengungkapkan, putusan yang diambil dalam rapat tersebut diharapkan memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat Babel khususnya bagi masyarakat Desa Bencah.
Ditanya terhadap hasil putusan rapat secara lisan apakah aktivitas tambang akan dihentikan? “Putusan baru bersifat lisan, kita belum menerima berita acara pertemuan secara tertulis, tetapi kita akan koordinasi dengan rekan-rekan di lapangan terhadap hasil rapat tersebut,” jawab Wirtsa singkat. (raw/1)

http://rakyatpos.com/headlines/pt-timah-dituding-dalang-kerusuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar