Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Kamis, 10 Mei 2012

Warga Muntok Minta Bentuk Zona Bebas dari Radiasi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Beberapa warga Muntok, Bangka Barat khawatir daerah yang terkena paparan radiasi tinggi akan membawa dampak negatif terhadap masyarakat sekitar.

"Kami sebagai masyarakat juga harus tahu berapa tingkatan radiasi yang dikatakan aman dan masih dibawah ambang batas itu. Seperti di wasray Muntok, seharusnya kalau memang ada paparan radiasi tinggi, bentuk saja zona terbebas dari aktivitas umum. Di sana harus ada safety, jangan sampai lalu lintas manusia secara umum bebas keluar masuk zona radiasi itu," kata warga Muntok Mahdi kepada bangkapos.com, Kamis (10/5/2012).

Unit Metalurgi (Unmet) dan wasray Muntok merupakan dua titik lokasi yang terpaparan radiasi tinggi di wilayah Muntok, Bangka Barat.

Kendati paparan radiasi dianggap masih dibawah ambang batas, namun Mahdi mengharapkan pihak dan lembaga yang berkompeten jangan sampai lengah mengamankan area atau zona tersebut.

Seharusnya, tambah Mahdi, ada kajian dan penjelasan secara detail dan transparan soal seberapa besar galian tambang dan timah membaa radiasi. Hal ini untuk mencegah keresahan di masyarakat.

"Jelaskan secara riil, seberapa jauh dan terbuka tingkat radiasi itu, berikan kami pemahaman dan penjelasan hingga dampaknya terutama untuk fisik manusia," ujar Mahdi.

http://bangka.tribunnews.com/2012/05/10/warga-muntok-minta-bentuk-zona-bebas-dari-radiasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar