Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Senin, 14 Mei 2012

Walhi Babel Pertanyakan Nelayan Dukung KIP

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Direktur Eksekutif Walhi Bangka Belitung (Babel) Ratno Budi mempertanyakan sejumlah orang yang mengatasnamakan nelayan Rebo mendatangi DPRD Bangka untuk menyampaikan dukungan terhadap aktivitas kapal isap produksi (KIP), Senin (14/5/2012).

Pasalnya, Ratno mengungkapkan, pihaknya langsung mendatangi nelayan di Rebo namun tak satupun dari sekitar 70 orang nelayan bagan yang ikut ke DPRD, Senin.

"Menjadi pertanyaan besar jika ada orang yang mendukung mengatasnamakan nelayan Rebo. Nelayan mana itu kita jadi curiga. Jangan-jangan mereka ini mendukung karena mendapatkan keuntungan dari KIP," kata Ratno Budi yang akrab disapa Uday.

Ratno menambahkan, sebelum KIP beroperasi, nelayan bagan Rebo ada yang membuat bagan pada posisi di bawah 1 mil dari pantai. Namun, lanjut Ratno, setelah beroperasi mereka mengalami kerugian karena ikan dan hasil tangkapan lainnya berkurang drastis.

Nelayan setempat pun memindahkan bagan mereka hingga di atas 5 mil untuk mendatakan ikan. "Sementara kompensasi yang diberikan pun tidak sebanding dengan kerugian nelayan, bahkan kompensasi yang dijanjikan mulai menghilang. Nelayan menganggap tidak ada untungnya dengan operasi KIP, hanya merugikan karena tangkapan menurun," kata Ratno.

http://bangka.tribunnews.com/2012/05/14/walhi-babel-pertanyakan-nelayan-dukung-kip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar