Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Sabtu, 10 Maret 2012

Walhi Gelar Peringatan Setahun Fukushima di Babel

BANGKAPOS, BANGKA -- Lembaga advokasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) berencana menggelar peringatan satu tahun tragedi Fukushima Jepang, di Provinsi Bangka Belitung, Minggu (11/3/2012) mendatang.

Momen ini akan menjadi penegasan penolakan terhadap pengembangan nuklir di Indonesia.

 "Tanggal 11 Maret adalah peringatan satu tahun tragedi Fukushima," kata Direktur Eksekutif Walhi Kepulauan Bangka Belitung, Ratno Budi kepada bangkapos.com, Jumat (9/3/2012).

Kegiatan ini merupakan sinergi dari Walhi Eksekutif Nasional, Walhi Kepulauan Bangka Belitung, Greenpeace, Marem, 10 lembaga/ organisasi Gerakan Anti PLTN di Bangka Belitung, tokoh agama, pakar nuklir Indonesia.

"Langkahnya adalah kita akan melakukan pembacaan dokumen deklarasi rakyat anti PLTN. Deklarasi dan kegiatan ini melibatkan tokoh masyarakat dari Muria, Jepara, Madura, Rajik, Permis, Sebagin dan kampung pesisir di Muntok," kata Ratno.

Selain deklarasi, kata Ratno akan digelar pula diskusi publik, seminar dan panggung seni.

"Tema kegiatan adalah nuklir ukan solusi, utamakan energi sulutif energi terbaharukan," kata aktivis yang kerap dipanggil Uday ini.

Mengapa kegiatan itu digelar di Bangka Belitung? Ranto mengatakan karena provinsi kepulauan ini menjadi salah satu lokasi bakal tapak PLTN di Indonesia. Batan dan pemerintah telah melakukan kajian akademis dan penelitian untuk kesiapan itu.

Mantan jurnalis itu mengkritisi pemerintah menghamburkan uang miliaran rupiah untuk studi penelitian PLTN selama ini, sementara energi terbaharukan dikesampingkan.

"Padahal energi terbaharukan sangat berpotensi. Kita akan berdiskusi membahas itu. Kita juga akan mengangkat isu  dana miliaran yang dikeluarkan pemerintah sia-sia," ujarnya.

http://bangka.tribunnews.com/2012/03/09/walhi-gelar-peringatan-setahun-fukushima-di-babel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar