Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Selasa, 05 Juni 2012

Nelayan di Negeri Laskar Pelangi Protes Pertambangan Laut

Berbagai aksi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia, Selasa (5/6). Di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, lebih dari 500 nelayan berunjuk rasa di depan kantor PT Timah Tbk, perusahaan tambang timah terbesar di provinsi yang menjadi latar film Laskar Pelangi tersebut.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Bangka Ratno Budi mengatakan, pihaknya bersama nelayan menolak segala bentuk penambangan laut di wilayah mereka. Sebab hal itu membuat air laut tercemar limbah. Akibatnya, produksi ikan menurun dan nelayan kesulitan mencari nafkah. Apalagi jangkauan mereka untuk melaut semakin jauh.

"Di Kabupaten Bangka, kondisi nelayan sejak 1995 sampai sekarang terus mengalami penurunan siginifikan untuk produksi ikan maupun maupun hasil tangkap nelayan akibat pencemaran laut," kata Ratno saat dihubungi metrotvnews.com, Selasa.

Menurut Ratno, angka penurunan pendapatan nelayan masih dalam riset. Namun, Ratno memastikan angka tersebut berbeda dengan laporan Dinas Kelautan dan Perikanan setempat yang menyatakan pendapatan nelayan terus meningkat.

Selain itu, kata Ratno, pihaknya juga memprotes perusahaan yang belum memiliki skema perbaikan pascatambang. Pada akhirnya, yang terkena dampak adalah sekitar 4.000 nelayan di seluruh kabupaten Bangka. Ketimpangan sosial ekonomi pun semakin nyata.

"Nelayan sampai sekarang tidak menerima hasil apapun dari proses pengelolaan tambang di Bangka Belitung. Mereka hanya menerima dampak," kata Ratno.

Untuk itu, para nelayan meminta Pemerintah Provinsi mencabut perizinan tambang laut yang sudah dikeluarkan. Para pelaku tambang juga didesak merehabilitasi laut yang sudah ditambang. Sementara DPRD, khususnya Pansus Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah menghapuskan seluruh kawasan laut Bangka Belitung dari peruntukkan wilayah pertambangan laut. 

Pengunjuk rasa sempat berdialog dengan pihak perusahaan. Menurut Ratno, PT Timah berjanji mengkaji ulang segala kebijakan terkait lingkungan. Selain di PT Timah, pengunjuk rasa juga menggelar aksi di kantor Pemerintah Provinsi dan DPRD setempat.(IKA)

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/06/05/93679/Nelayan-di-Negeri-Laskar-Pelangi-Protes-Pertambangan-Laut/3

1 komentar:

  1. Betting Sites That Accept PayPal - Casino
    The best PayPal gambling sites with PayPal 게임 종류 · 1. 인디언 포커 InterTops - AcceptSeller 실시간 바카라 사이트 - The largest 도박장 deposit match bonus at Betfair ✓ 25% match up to $500 on deposit 사카마치 미루

    BalasHapus