Tambang-Hutan dan Perkebunan-Laut Pesisir

Kamis, 07 Juni 2012

Komnas HAM Bawa Tambang Babel ke Jakarta

Komnas HAM akan mengundang sejumlah pihak untuk duduk satu meja membahas persoalan tambang di Bangka Belitung. Rencananya pertemuan akan digelar di Jakarta pada Juli mendatang.

Senior Investigator Komnas HAM RI Husendro mengatakan pembahasan ini sebagai tindak lanjut pantauan Komnas HAM terhadap pertambangan dan kerusakan lingkungan di Babel.

"Dari hasil pantauan yang kita lakukan sejak Selasa (5/6/2012) hingga Kamis (7/6/2012) akan dilakukan pemetaan sesuai dengan yang masuk dalam lima sorotan kami. Hal itu nantinya akan dipertemukan baik dari daerah dan pusat, sehingga apa yang menjadi persoalan di Babel terkait pertambangan bisa terselesaikan," kata Husendro kepada sejumlah wartawan saat konferensi pers yang dilaksanakan di Y2 Cafe, Pangkalpinang, Kamis (7/6/20212).

Instansi yang akan diundang antara lain Pemprov Bangka Belitung, perusahaan tambang, kepolisian, dan beberapa kementerian diantaranya ESDM, Tenaga Kerja, Lingkungan, Kehutanan, BUMN dan BPN

Menurut Husendro berharap dari semua kegiatan yang dilakukan melalui mediasi ini akan lahir sebuah kesepakatan positif bagi Babel.

"Kita ingin melihat keseriusan dan tanggungjawab HAM itu ada di pemerintah, termasuk di Babel ini," tukas Husendro.

http://bangka.tribunnews.com/2012/06/08/komnas-ham-bawa-tambang-babel-ke-jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar